Yang Menarik dari Madu

manfaat-maduMadu umumnya tidak mengkristal. Bila mengkristal, maka kemungkinan madu tersebut telah dicampur dengan gula. Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, antara lain yaitu sebagai antiradang sehingga sering digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Madu dapat juga menyegarkan badan serta menghilangkan letih dan lesu. Selain itu, madu diduga dapat menyembuhkan berbagai luka termasuk luka bakar, bisul, dan luka setelah operasi. Khasiat tersebut disebabkan karena kandungannya, yaitu hydrogen peroxide, diperkirakan dapat membunuh kuman dan mencegah pertumbuhan bakteri lainnya.

Madu memiliki warna dan aroma yang beraneka ragam, tergantung dari bunga apa ia dihasilkan. Ada madu berwarna putih kekuningan, ada yang berwarna kuning keemasan, kuninng agak tua, coklat tua, bahkan hitam. Rasa madu dominan manis, ada pula yang agak asam, tergantung pohonnya. Dan madu ini bersifat panas. Biasanya madu dijual dalam botol-botol kaca atau plastik. Ada madu murni, yakni madu yang tidak ditambahkan bahan apapun. Ada juga madu olahan, yang biasanya ditambah dengan vitamin atau perisa tertentu.

Kandungan Madu

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurango tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa. Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya

Manfaat Madu

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Banyak penelitian yang telah membuktikan pengaruh madu terhadap sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian Abuharfeil et al., pada tahun 1999 menyebutkan bahwa madu dapat merangsang pembentukan sel –sel imun seperti sel natural killer, sel limfosit B dan T yang berfungsi dalam menangkal serangan penyakit. Madu juga dapat merangsang produksi antibodi yang diperlukan dalam proses penyembuhan dalam tubuh, hal ini telah dibuktikan oleh Al-Waili and Haq dalam penelitiannya pada tahun 2004. Oleh sebab itu, rutin mengkonsumsi madu setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat masa penyembuhan.

Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol jahat adalah musuh bagi jantung dan pembuluh darah. Kolesterol jahat atau yang dikenal dengan istilah Low Density Lipoprotein (LDL) dapat menyumbat pembuluh arteri dan meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung. Tidak hanya meningkatkan stamina, manfaat madu yang lain adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan dalam madu itu sendiri mengandung senyawa aktif dan antioksidan yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol. Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi madu secara rutin selama dua minggu berturut-turut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 8%

Merawat wajah

Selain untuk kesehatan dan ibu hamil, madu telah digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah semenjak dahulu kala. Tidak heran bahwa sejak jaman dahulu telah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan madu sebagai bahan pembuatannya. Berikut adalah khasiat madu untuk wajah :

  • Madu dipercaya dan telah digunakan dengan perpaduan herbal lain untuk menghilangkan jerawat
  • Madu digunakan bersama herbal lain untuk menghilangkan komedo
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan bekas jerawat
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Mengecilkan pori pori wajah
  • Membuat kulit wajah tampak bersinar dan berseri-ser
  • Dapat digunakan sebagai bahan masker wajah
  • Dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan kulit wajah dari radikal bebas
  • Memberikan kulit wajah yang lebih halus.

Memasak dengan Madu

Madu lebih manis daripada gula. Oleh karena itu, apabila Anda hendak menggunakan madu sebagai ganti gula, takarannya hanya setengah hingga tiga perempat takaran gula. Selain itu, karena madu mengandung sekitar 18 persen air, jumlah cairan dalam resep Anda harus dikurangi. Apabila tidak ada cairan yang digunakan, tambahkan dua sendok makan tepung per satu cangkir madu. Untuk bahan-bahan yang dipanggang, tambahkan juga satu setengah sendok teh soda kue per satu cangkir madu dan kurangi suhu oven Anda sebanyak 15 derajat Celsius.

Bedakan Madu Asli dengan Palsu

membedakan-madu-asli-dan-palsuPertama

cobalah dengan menetes satu tetes madu pada kertas buku tulis, dan perhatikan dengan cermat, jika kertas tersebut basah akibat tetesan madu itu, maka positif, madu tersebut sudah dicampur dengan cairan lainnya entah air, air gula, atau sejenisnya.

Kedua

teteskan madu di suatu tempat yang diyakini merupakan tempat semut. Semut merah atau semut gula. Jika tetesan madu itu didekati oleh semut, maka madu itu sudah tidak ada keasliannya.
Sebab madu asli tidak disukai semua jenis serangga pemakan gula, seperti semut atau lainnya.

Ketiga

larutkan madu ke dalam air di gelas. Jika madu tersebut tidak larut bersama air, maka itulah madu asli, meskipun diaduk berulang kali sekalipun sebab, kekentalan pada madu tidak menyebabkannya dapat larut bersama air.

Perhatikan Madu dengan Cara Ini!!

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian madu manuka, sebagai berikut :

  • Metode melarutkan

Madu murni tidak bisa larut dalam air, tetap menetap sebagai benda padat di bagian bawah kaca. Sedangkan madu palsu tetap bercampur dan dapat dilarutkan dalam air segera.

  • Pemanasan

Madu murni akan cepat menjadi karamel dan tidak membentuk busa, sedangkan madu palsu tidak dapat menjadi karame

  • Ketebalan

Madu murni cukup tebal dan membutuhkan waktu untuk berpindah dari satu sisi tabung ke yang lain. Sedangkan madu palsu adalah sangat ringan dan berair.

  • Perhatikan label kemasan

Pemerintah New Zealand melalui Ministry for Primary Industry telah menerbitkan panduan label bagi produk madu manuka. Salah satunya, harus mengandung MGO dan produsen wajib mencantumkannya pada label.

  • Lihat sertifikat atau akreditasi produk

Produk manuka yang asli dan berkualitas baik biasanya memperoleh sertifikasi dari lembaga berwenang, seperti Quality ISO 9001, sertifikat halal, dan akreditasi laboratorium ISO 17025 dari pemerintah New Zealand melalui IANZ (International Accreditation New Zealand).

  • Perhatikan tekstur dan warna

Madu manuka yang asli berwarna gelap atau sangat gelap, tapi memiliki tekstur kental dan terasa manis lezat. Madu manuka yang asli tidak pernah encer dan pahit. Jadi, jangan salah pilih

 

Sumber :

http://www.beritasatu.com/kesehatan/248047-3-cara-bedakan-madu-manuka-asli-dan-palsu.html

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2302031/enam-cara-bedakan-madu-murni-dan-palsu#sthash.V5WyOYJu.dpuf

http://www.blogster.com/hillaryfarm/apa-manfaat-dari-madu-untuk-medis

http://fajar.co.id/2016/08/10/guys-begini-cara-bedakan-madu-asli/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s